Apa Perintah-perintah Atau Instruksi Pada Microsoft Word?

Dari artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu Microsoft Word, kali ini saya tidak akan membahas yang lain selain dari judul di atas,  yah perintah-perintah atau instruksi pada microsoft word, baiklah silahkan anda simak di bawah ini bagaimana cara dan apa perintah-perintah di Microsoft Word.

Microsft Word adalah suatu software pengolah kata dengan menggunakan sistem operasi windows yang cukup handal memberikan kemudahan bagi para pemakai baik profesional maupun amatir yang baru belajar.


Perintah Pada Microsoft Word

Untuk memberika suatu instruksi atau perintah pada Microsoft Word dapat mennggunakan dengan berbagai cara seperti yang umumnya program aplikasi software under DOS atau under Windows :

  •  Menggunakan tombol Hot Key, biasanya menggunakan tombol Ctrl atau Alt. Contoh seperti Ctrl+C untuk mengkopi blok. Tombol hot key biasanya banyak di gunakan untuk instruksi yang berhubungan dengan file dan edit.
  • Yang menjadi ciri khas dari program under windows, yaitu untuk memberikan suatu instruksi cukup memilih icon yang tertera dilayar dengan menggunakan pointer dan mouse, instruksi ini di kenal dengan istilah toolbar. Microsoft Word telah menyediakan berbagai toolbar yang siap pakai, Dengan menggunakan toolbar si pemakai akan jauh lebih hemat waktu dan lebih memudahkan.
  • Selain menggunakan toolbar, Microsoft Word menyiapkan pula suatu instruksi dengan istilah short key yaitu dengan menekan atau klik tombol kanan mouse satu kali. Biasanya instruksi pada shortkey banyak berhubungan dengan menu format atau edit. Jadi untuk melakukan format terhadap suatu paragraph atau naskah tidak perlu memilih menu format tetapi cukup menekan atau klik tombol mouse sebelah kanan.
 

Keluar dari suatu pilihan

Untuk keluar dari suatu pilihan akibat memilih suatu instruksi tetapi tidak mengerti apa yang harus dilakukan atau memang salah memilih instruksi, dapat mnekan tombol Escape (Esc) di keyboard atau apabila yang muncul kotak dialog dengan adanya pesan icon cancel, maka anda dapat menggertakan pointer pada pilihan cancel dan klik tombol kiri mouse.

Membatalkan suatu instruksi

Jika anda memberikan suatu instruksi, ternyata instruksi tersebut salah jika dikehendaki, maka instruksi tersebut dapat di batalkan dengan cara klik icon undo lihat gambar di atas paling atas ada tanda icon panah kiri atau Ctrl+Z di keyboard.

Mengulangi kembali instruksi

Jika anda menggunakan instruksi Undo, ternyata anda tidak jadi menggunakan instruksi undo tersebut maka dapat di kembalikan dengan menggunakan instruksi redo (Ctrl+R di keyboard) dari menu edit atau gunakan icon redo lihat gambar di atas paling atas ada tanda icon panah kiri.

Melakukan Blok

Maskud dari blok adalah berupa sekumpulan huruf, kata, atau kalimat untuk di berikan suatu instruksi tertentu misalnya akan di hapus atau di format sebagainya, cara melakukan blok dapat dilakukan dengan menggunakan mouse atau keyboard.

Blok dengan menggunakan Mouse
  1. Pindahkan pointer mouse pada awal atau kalimat yang akan di blok kemudian tekan tombol mouse sebelah kiri dan tahan terus (tidak di lepas).
  2. Geser mouse tersebut sehingga kata atau kalimat yang di maksud di blok dengan menggunakna warna latar belakang huruf hitam putih selanjutnya lepas tombol mouse sebelah kiri.
Cara lain untuk melakukan blok dengan menggunakan Mouse :
  1. Pindahkan kursor pada awal kata atau kalimat yang akan di blok kemudian tekan klik sekali.
  2. Pindahkan pointer mouse pada akhir kalimat yang akan di blok, selanjutnya tekan tombol shift di ikuti dengan menekan tombol mouse sebelah kiri.
Blok dengan menggunakan Keyboard
  1. pindahkan kursor pada awal kata atau kalimat yang akan di blok, kemudian tekan tombol shift (kiri atau kanan) tahan terus ( tidak di lepas)
  2. Tekan anak panah sesuai arah tujuan dan sorot kalimat yang akan di blok, sehingga berubah warna latar belakang hitam putih, lepaskan tombol shiftnya.

Menghapus Karakter

Apabila anda melakukan suatu kesalahan dalam menuliskan naskah, dan anda akan menghapusnya. Maka lakukan proses penghapusan seperti cara di bawah ini :
  1. Untuk menghapus satu huruf di sebelah kanan kursor gunakan tombol Del atau Delete.
  2. Untuk menghapus satu huruf di sebelah kiri kursor, gunakan tombol Back space.
  3. Untuk menghapus satu kata atau lebih atau satu baris, satu paragraph maka yang harus di lakukan blok terlebih dahulu, dengan cara blok semua kata yang akan di hapus kemudian tekan tombol Del atau Delete
  4. Untuk menghapus semua kata maka yang haru anda lakukan menggunakan tombol Ctrl+A di keyboard kemudian tekan tombol Back space atau Delete (Del) di keyboard

Menyalin Kata atau Kalimat

Suatu waktu kita menginginkan adanya suatu kata atau kalimat yang isinya sama dengan yang sebelumnya tanpa harus mengetik ulang kembali. Hal ini dapat di lakukan dengan cara di bawah ini :
  1. Lakukan blok terhadap semua kata atau kalimat (atau paragraph) yang akan di salin
  2. Pilih menu Home, pilih copy dari menu Clipboard, atau tekan Ctrl + C bisa juga dengan menggunakan mouse tinggal klik kanan kemudian pilih copy
  3. Pindahkan kursor ke lokasi baru, kemudian pilih menu home dan pilih paste atau tekan Ctrl + V atau klik kanan dengan mouse kemudian pilih paste. 

Memindahkan Kata atau Kalimat

  1. Pindahkan kursor mouse pada awal kalimat yang akan di pindahkan, kemudian blok kalimat tersebut
  2. Tekan Ctrl+C atau dari menu home klik copy pada kelompok Clipboard
  3. Pindahkan kursor mouse pada lokasi baru, tekan Ctrl + V

Catatan :Instruksi copy blok dapat di ganti dengan Ctrl+C, Paste dapat di ganti dengan Ctrl+V

Membuka Dokumen Baru

Untuk membuka atau membuat suatu dokumen baru tanpa menghapus dokumen sebelumnya yang sedang aktif. Membuat dokumen baru dapat di lakukan dengan cara :
  1. Klik tombol Office button atu File
  2. kemudian pilih new, selanjutnya pilih blank document kemudian klik create

Catatan : Bisa juga membuat dokumen dengan cara menekan tombol Ctrl + N

Maka secara otomatis akan muncul lembar dokumen baru dan kosong selanjutnya anda dapat mengetikan naskah pada lembar dokumen tersebut. 

Menyimpan Dokumen

Untuk menyimpan dokumen dapat dilakukan dengan dua cara menyimpan dengan menggunakan nama file yang sama dengan sebelumnya atau merekam dokumen ke file lain yang berbeda.

Untuk menyimpan dokumen pertama kali atau pernah di simpan dapat dilakukan dengan cara :
  1. Klik tombol office button atau File, kemudian pilih save (Ctrl+S)
  2. Apabila melakukan penyimpanan data untuk pertama kali maka di layar akan muncul kotak dialog save, dan selanjutnya pada dialog file Name, ketik nama filenya, misa Latih.Docx. Extention DOCX menunjukan bahwa file word tersebut versi 2007, sedangkan untuk merubah ke versi 2003 maka ubah save as type menjadi word 97-2003 Document (*.Doc).

Catatan : Untuk menyimpa bisa menggunakan tombo Ctrl+S di keyboard.

Sedangkan untuk menyimpan dokumen dengan menggunakan nama file yang berbeda dapat dilakukan dengan cara:
  1. Klik tombol Office Button atau file, pilih Save As 
  2. Ketik nama file baru pada kotak dialog file name, misalnya Latih2.Doc

Menutup Dokumen

Setiap kita mengakhiri suatu pekerjaan menulis dokumen dan anda akan berpindah ke dokumen lain atau akan berhenti dari pengoperasian Microsof Word sebaiknya menutup dokumen terlebih dahulu. 

Dengan banyaknya file yang anda buka atau aktifkan pada memory akan memperlambat untuk kerja komputer, misalnya anda akan membuat file yang barum maka file yang sedang anda buka atau aktifkan sebaiknya di tutup terlebih dahulu.
  1. Klik tombol Office Butto atau File
  2. Pilih Close

Catatan : Untuk keluar bisa menekan tombol Alt + F4 atau klik tombol tanda silang di sebelah kanan atas ujung.

Membuka Kembali Dokumen

Untuk membuka kembali file yang pernah di buat, dapat di lakukan dengan cara :
  1. Klik tombol Office Button atau File
  2. Pilih Open, selanjutnya pilih folder dan nama file yang akan di buka, kemudian pilih open.

Catatan : Untuk membuka file bisa dengan cara menekan tombol Ctrl+O di keyboard

Nah itulah perintah-perintah atau instruksi pada Microsoft Word, untuk kali ini cukup pembahasannya, sampai bertemu di artikel yang lain. Salam Sukai Penulis
Previous
Next Post »
0 Komentar